Wudhu Rosululloh


HADITS TENTANG WUDHU ROSULULLOH SAW
1.Disunnahkan mengambil wudhu di rumah sebelum pergi ke masjid, mengingat setiap langkah ke masjid dalam keadaan wudhu dengan sempurna akan berpahala, meghapus dosa dan mengangkat derajat.(Bukhari)
2.Ditekankan bersiwak setiap akan berwudhu, jika tidak ada siwak, dapat menggunakan jari telunjuk. Rosulullah SAW hampir mewajibkan bersiwak setiap akan berwudhu.(Bukhari, muslim)
3.Setiap bersiwak, di sunnahkan terlebih dahulu membasuh kedua tangan sampai pergelangan tangan sebanyak tiga kali.(Nasa’i)
4. Kemudian berkumur, menghirup air ke hidung dan mengeluarkannya, membasuh muka, menyela-nyela janggut dengan jeri yang basah, membasuh kedua lengandari ujing tangan sampai ke atas mata siku, mengusap kepala satu kali, membasuh telinga satu kali dan terakhir membasuh kedua mata kaki sampai mata kaki.(Bukhari, muslim, Nasa’i)
5 .Cara mengusap kepala satu kali dalam berrwudhu: Meletakan sebagian jari jemari telapak tangan di bagian depan ujung kepala tempat tumbuhnya rambut, lau di tarik ke belakang hingga ke tengkuk, kemudian di kembalikan lagi ke depan ke bagian yang pertama tadi. (Abu Dawud)
6. Cara membasuh telinga satu kali dalam berwudhu : Memasuka dua jari telunjuk ke dalam telinga lalu di putarkan jari jempol untuk membasuh bagian luar telinga. (Abu Dawud)
7. Jangan menambah bilangan wudhu lebih cdari tiga kali. Barang siapa menambahnya, berarti telah berbuat dzalim terhadap diri sendirim (Nasa’i, Ibnu majah, Abu Dawud)
8.Disunnahkan mendahulukan anggota badan sebelah kanan ketika berwudhu. Setelah itu bagian sebelah kiri. (Bukhari, Muslim, Nasa’i)
9. Disunnahkan sholat dua rakaat sunnat syukrul wudhu setelah selesai wudhu.

Keterangan: Diambil dari buku sunnah 24 jam bab wudhu

About pamungkasbirawa

Seorang hamba Alloh yang menginginkan makna dalam kehidupan yang sebentar ini dengan bisa bermanfaat untuk kemashlahatan orang banyak
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s